Header Ads

test

5 Pelatih Top Dunia Yang Pernah Tangani Timnas Indonesia, Mana Yang Terbaik ?

Dalam sejarah timnas sepakbola Indonesia dari mulai pertama didirikan hingga sekarang, telah terjadi pergantian pelatih yang tentunya sudah terjadi sejak timnas Indonesia dibentuk setelah era kemerdekaan. Mulai dari pelatih lokal hingga pelatih asing, telah menangani tim Garuda. Ada yang berhasil memberikan prestasi, ada juga yang kurang.

Dari semua pelatih asing tersebut, terdapat nama-nama yang sebenarnya cukup terkenal di dunia sepakbola dan bahkan dulunya ada yang pernah bermain di Piala Dunia. Akan tetapi tidak semua pelatih kelas dunia yang menangani timnas merah putih berhasil memberikan yang terbaik. Nah, berikut ini adalah beberapa pelatih kelas dunia yang pernah melatih timnas Indonesia.


1. Foppe De Haan
5 Pelatih Top Dunia Yang Pernah Tangani Timnas Indonesia, Mana Yang Terbaik?


Namanya memang cukup asing bagi para pecinta sepakbola tanah air. Tapi nama Foppe De Haan cukup terkenal di Liga Belanda karena telah menangani salah satu klub Eredivisie, SC Herenveen selama 19 tahun lamanya. Foppe dipercaya menjadi arsitek timnas Indonesia untuk Asian Games 2006 di Doha, Qatar. Hasilnya tidak begitu baik, Indonesia dikalahkan oleh Irak dengan skor 6-0 sehingga Foppe langsung dicopot dari jabatannya sebagai pelatih timnas kala itu.


2. Wim Rijsbergen
5 Pelatih Top Dunia Yang Pernah Tangani Timnas Indonesia, Mana Yang Terbaik?

Nama Wim Rijsbergen sebenarnya bukan nama yang biasa di sepakbola Belanda, dirinya pernah menjadi bagian dari skuat timnas Belanda di Piala Eropa dan juga pernah melatih tin Ajax Junior. Wim menjadi asisten pelatih Trinidad dan Tobago saat negara kecil itu berhasil menembus Piala Dunia. Pada 2011 Wim menggantikan Alfred Riedl untuk menukangi timnas di kualifikasi Piala Dunia 2014. Timnas berhasil melaju ke babak ketiga tapi selalu kalah dan akhirnya dipecat. Akibatnya timnas memiliki permainan yang tak karuan dan dihancurkan Bahrain 10-0 karena tak memiliki pelatih berpengalaman.


3. Ivan Toplak
5 Pelatih Top Dunia Yang Pernah Tangani Timnas Indonesia, Mana Yang Terbaik?


Ivan Toplak cukup terkenal di era 1980an karena dirinya pernah menjadi pelatih timnas Yugoslavia dan memberikan hasil cukup memuaskan. Setelah keluar dari timnas Yugoslavia, Toplak lantas mendapatkan tawaran dari timnas Indonesia dengan target juara SEA Games dan lolos putaran final Piala Dunia. Tapi sayangnya tak satupun target yang terpenuhi karena Indonesia baru bisa mendapatkan emas SEA Games pertamanya pada 1987.


4. Peter Withe
5 Pelatih Top Dunia Yang Pernah Tangani Timnas Indonesia, Mana Yang Terbaik?

Bagi para pecinta sepakbola Eropa tentunya mengenal nama Peter Withe, pemain yang mengantarkan Aston Villa juara Liga Champions. Setelah menjadi pelatih, Withe menerima pinangan untuk menangani timnas Indonesia. Meskipun saat itu dihuni oleh para pemain muda terbaik, Withe gagal memenuhi target juara Piala AFF dan SEA Games. Ya, dari dulu Indonesia selalu gagal di Piala AFF.


5. Luis Milla
5 Pelatih Top Dunia Yang Pernah Tangani Timnas Indonesia, Mana Yang Terbaik?


Ya, Luis Milla yang kontraknya tidak diperpanjang tahun lalu ini adalah mantan pemain Barcelona dan Real Madrid dan juga pernah melatih timnas Spanyol U-21. Artinya Luis Milla jelas bukanlah pelatih yang sembarangan. Milla dikontrak sebagai pelatih timnas sejak 2017. Di Asian Games 2018, timnas dengan susah payah hanya bisa sampai di babak 16 besar. Awalnya kontrak Milla akan diperpanjang untuk target menjuarai SEA Games dan Piala AFF, tapi ternyata hal itu tidak terjadi.

Mungkin di masa depan timnas Indonesia akan dilatih Pep Guardiola ya gan emoticon-Ngakak
Referensi:

No comments:

Powered by Blogger.